• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Senin, 26 Agustus 2019

Profil Desa Belandean Dalam - Komunitas Sasirangan Belandean

Agustus 26, 2019 // by Muda Banua // No comments


Foto bersama peserta pelatihan
Desa Belandean Dalam adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Letak desa Belandean Dalam berdekatan dengan sungai yang terhubung langsung dengan sungai Barito. Di bidang perikanan seperti tambak ikan kurang digeluti oleh masyarakat. Dikarenakan sungainya yang bersifat asam jika surut, dan bersifat hambar jika air pasang. Hanya ikan tertentu saja yang bisa dibudidayakan seperti ikan lele. Begitu pula dengan bidang perkebunan, sifat tanah yang asam menjadi faktor kurangnya perkebunan di desa ini. Tanahnya yang asam membuat tanaman sayur-mayur tak dapat tumbuh

Mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah Petani. Beras menjadi penghasilan utama di desa Belandean Dalam. Namun setelah masa panen, masyarakat hanya menganggur menunggu masa tanam tiba. Pekerjaan sampingan seperti buruh lepas menjadi pekerjaan tahunan yang dilakukan untuk menambah penghasilan. Selain itu ada juga yang menggeluti petani buah-buahan seperti buah kuini dan jeruk. Namun pekerjaan itu hanya dilakukan oleh kaum laki-laki dari remaja sampai yang tua, sedangkan masyarakat perempuannya tidak melakukan apa-apa. Hanya duduk santai di depan rumah menunggu suami dan kerabatnya pulang.

Peserta diajarkan mempola sasirangan
Permasalahannya adalah tidak adanya pelatihan atau penyuluhan kepada masyarakat perempuan di desa Belandean Dalam untuk membuat suatu produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual tinggi oleh pemerintah setempat. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu masyarakat disana, menyebutkan kurangnya perhatian oleh aparat desa terhadap masyarakat yang menjadi permasalahan utama. Dengan adanya keterampilan yang dimiliki masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan baru khususnya kaum perempuan serta dapat menambah penghasilan dari segi ekonomi untuk membantu kepala rumah tangga oleh karena itu perlu diadakan sebuah pelatihan keterampilan sasirangan kepada masyarakat desa Balandean dalam rangka mengembangkan keahlian.

Komunitas sasirangan belandean terdiri dari 15 orang dengan latar belakang bervariasi, dari ibu rumah tangga, buruh tani, guru sekolah dasar, dan pedagang. Pelatihan kain sasirangan bekerjama dengan Komunitas Pecinta Sasirangan (KPS) dalam melakukan pengajaran dan teknik mewarna. Sampai saat ini program komunitas kain sasirangan telah melaksanakan 1 kali sosialiasi dan 4 kali pelatihan, antara lain :

No
Tanggal
Pelatihan
1
31-Aug-18
Sosialisasi Pelatihan
2
19-Sep-18
Pelatihan Tahap I
3
14-Oct-18
Pelatihan Tahap II
4
9-Dec-18
Pelatihan Tahap III
5
3-Feb-19
Pelatihan Tahap IV

Dalam melaksanakan pelatihan sebanyak 4 kali, peserta pelatihan telah dibekali teknik mempola, menjelejur, menyisit, meramu warna, mewarnai, sampai mendedel. Selain itu media yang diajarkan bermacam - macam, mulai dari kerudung sasirangan, slayer sasirangan, kaos sasirangan, kain sasirangan.

Hasil pelatihan membuat slayer sasirangan
Pengadaan barang fasilitas penunjang dan seluruh modal di fasilitasi oleh Pemuda Bakti Banua Yayasan Hasnur Centre seperti bahan baku berupa kain polisima, kerudung kulit jeruk, slayer polos, kaos polos, benang, jarum, alat mewarnai, pewarna sasirangan dll. Setelah peserta mempunyai skill dalam membuat kain sasirangan barulah melaksanakan produksi mandiri. Ibu-ibu memulai belajar untuk memasarkan produk sasirangan ke pasar, tentu dengan bantuan tim muda banua. Untuk keuntungan penjualan produk tentu seluruh keuntungan akan diserahkan kepada peserta pelatihan.

Riwayat Tim Pendampingan Wilayah Desa Belandean Dalam - Komunitas Sasirangan Belandean
Tim
Asal Instansi
Program Studi
Status
Muhammad Fajar Firdaus
ULM
Pendidikan Ilmu Komputer
Leader Tim
Masliana
ULM
Bimbingan Konseling
Sekretaris - Bendahara
Muhammad Nasih
Politeknik Hasnur
Budidaya Tanaman Perkebunan
Anggota Tim
Mufarrahah Tul Jannah
UIN Antasari
Ekonomi Syariah
Anggota Tim
Muhammad Yopi Hendrawan
UMB
Teknik Sipil
Anggota Tim
Yuwanda Syahfira
ULM
Pendidikan Bahasa Inggris
Relawan
Aulia Pretyna Ramadanti
ULM
Pendidikan Bahasa Inggris
Relawan
Efendi Syaifullah
ULM
Pendidikan Ilmu Komputer
Relawan
Ansyari Rahman
ULM
Pendidikan Ilmu Komputer
Relawan
Muhammad Haris
ULM
Pendidikan Ilmu Komputer
Relawan

Klasifikasi Khusus Relawan Baru Untuk Desa Belandean Dalam* (Dicari 5 orang)
- Mempunyai skill berkomunikasi dengan orang baru
- Mempunyai skill teknik lobby dan negosiasi dengan baik
- Mempunyai skill memasarkan produk dengan baik
- Aktif dalam bermedia sosial
- Mempunyai skill dalam mendesain 

*) Salah satu

Project Selanjutnya 
- Mendampingi peserta melaksanakan produksi mandiri
- Tindak lanjut pemesanan project PDL sasirangan oleh Hasnur Group
- Berinovasi dalam mengembangkan potensi komunitas sasirangan

Dokumentasi

Teknik mewarnai
Teknik melepas jahitan

Tim Desa Belandean Dalam


0 komentar:

Posting Komentar